Sabtu, 15 Oktober 2011

puisi "Guru"


Guru

(Irvani Mufidah)
Hari, bulan, tahun, bahkan puluhan tahun
Menjadi saksi, perjuangan dan pengabdian mu
Bukan senapan, panah, atau bambu runcing pengiringmu
Bukan pula darah, nanah yang mengucur dari raga mu

         Bukan! Bukan itu yang kau harap dari pengorbanan mu
         Tetesan keringat mengucur dari tubuh lelah mu
         Biar terik menyengat kulit, biar dinginnya hujan menembus tulang
         Senyum mu tak juga pudar, semangatmu tak juga menghilang

Kedatangan engkau membuka cakrawala
Petuah dan budi luhur mu menggetarkan seisi alam raya
Malaikat berbaris tersenyum menyaksikan segala
Niat tulus mu tak kan usang dimakan masa

         Engkau tak harap jasa mu terbalas
         Engkau tak harap lelah dahaga mu terhenti
         Tapi, engkau tersenyum bahagia, Bila bunga-bunga yang kau semai
         Tumbuh subur, nan indah semerbak mewangi di penjuru negeri

Lalu, siisi dunia kan bertanya.
Siapa?
Siapakah engkau wahai makhluk mulia?

         Aku pun dengan bangga kan menjawab,
         Ya, ia  guru ku, guru ku yang mulia
         Guruku yang menangis bila melihat aku tersesat
         Guru ku yang menuntunku pada jalan yang terang
Guru yang menuntun dan membimbing ku
Guru yang sabar mengajarkan ku
mengenal huruf demi huruf, kata demi kata, baik juga buruk
hingga aku mengenal cinta kasih Rabb ku Yang Mulia
        
         Guru, yang dengan petuahnya aku tumbuh
         Guru, yang dengan bimbingannya aku mengerti
         Guru, yang dengan doa tulusnya aku selamat
         Guru, yang dengan ilmu darinya aku tak kan tersesat

Ia yang ikhlas, sabar, dan ramah
walau terkadang aku malas dan nakal tak mau belajar
tak juga mau mendengar,
tapi ku lihat ia tetap ramah dan sabar

         Ya Rabb, sandainya masih ada sisa waktu ku ini
         Maka, izinkanlah aku tuk membuatnya bahagia,
         Membuatnya tersenyum bangga,
         Dengan akhlak mulia ku, dengan kisah keberhasilanku,
         dengan ketaatan ku kepada Mu..........
     





                Jakarta,
Sabtu, 09 April 2011

Tidak ada komentar: