Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) II
Sekolah :
MI. Manaratul Islam
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : V/ I
Alokasi Waktu : 4 x 35 Menit
A.
Standar Kompetensi :
1. Melakukan operasi hitung bilangan bulat dalam pemecahan masalah
B.
Kompetensi
Dasar
1.2 Menggunakan faktor prima untuk menentukan
KPK dan FPB
C.
Indikator
Pembelajaran
1. Menemukan
bilangan prima melalui kotak urutan bilangan
2. Menjelaskan
pengertian bilangan prima
3. Menentukan
bilangan prima dan bilangan bukan prima
D.
Tujuan
Pembelajaran
Peserta didik dapat :
1. Menemukan
bilangan prima melalui kotak urutan bilangan secara berkelompok dengan tepat
2. Menjelaskan
pengertian bilangan prima dengan benar
3. Menentukan
bilangan prima dan bilangan bukan prima dengan benar
v
Karakter
siswa yang diharapkan : Disiplin
( Discipline ), Rasa hormat dan
perhatian ( respect ) Tekun ( diligence ) dan
Tanggung jawab ( responsibility ), bekerjasama (colaboration)
E.
Materi
Ajar
BILANGAN PRIMA DAN CIRI-CIRINYA
§ Pengertian
Bilangan Prima
§ Beberapa
contoh bilangan prima dan bilangan bukan prima
F.
Metode
Pembelajaran/Strategi
Metode
: ekspository, inkuiri
(penemuan),
Strategi
: Group study, poster
information, latihan, RME
G.
Langkah-langkah
Pembelajaran :
a.
Kegiatan awal
No
|
Kegiatan
guru
|
Kegiatan
siswa
|
Nilai
karakter
|
1.
|
Mengucap Salam, menuntun doa,
absensi, Ice Breaking/ Motivasi dengan “kata-kata motivasi”
|
Menjawab
salam, berdoa, menjawab absen, Mengikuti kegiatan Ice Breaking/ motivasi
|
Akhlak
islami, tertib dan Bersemangat
|
2.
|
Apresepi
|
Menjawab
dan mengingat-ingat pelajaran sebelumnya.
|
Cerdas
|
3.
|
Menulis tema meteri yang akan
diajarkan di papan tulis
|
Memperhatikan
|
Toleransi
|
4.
|
Menjelaskan topik materi,
tujuan pembelajaran
|
Menyimak
|
Saling
menghargai
|
5.
|
Membagi siswa menjadi 2 group
dan pengkondisian kelas
|
Duduk
menurut kelompoknya
|
Tertib
|
6.
|
Menempel karton quiz team, membagikan
spidol pada tiap kelompok
|
- Menerima
media dan
- Menyimak instruksi guru
- Bertanya
jika kurang paham
|
Toleransi
dan
Tekun
|
b.
Kegiatan Inti
Eksplorasi
No.
|
Kegiatan
Guru
|
Kegiatan
Siswa
|
Nilai
karakter
|
Metode
|
1.
2.
|
Menginstruksikan
siswa untuk
- berbaris
didepan karton masing-masing dan
- mengikuti
perintah soal
- mengikuti
instruksi soal dipapan secara
bergantian dengan baris belakangnya s/d instruksi terakhir
- mencatat
hasil akhir jawaban di karton masing-masing
- menginformasikan
hasil jawabannya
- mengumpulkan
karya
Sebagai
fasilitator yang membantu siswa yang kesulitan.
|
Aktif
mengerjakan quiz team.
- berbaris
didepan karton masing-masing dan
- mengikuti
perintah soal
- mengikuti
instruksi soal dipapan secara
bergantian dengan baris belakangnya s/d instruksi terakhir
- mencatat
hasil akhir jawaban di karton masing-masing
- menyimpulkan
secara lisan
- mengumpulkan
karya
bertanya
jika tdk/kurang paham.
|
Bekerjasama
Tanggung
Jawab
Tekun
Kritis
Bersemangat
|
Poster
information, inkuiri
|
Elaborasi
No.
|
Kegiatan
Guru
|
Kegiatan
Siswa
|
Nilai
karakter
|
Metode
|
1.
2.
3.
|
Mengoreksi
hasil jawaban siswa, dan
Menghubungkan
hasil kegiatan siswa dengan penjelasan konsep pengertian bilangan prima dan
cirinya,
Bersama
siswa mencari beberapa contoh lain u/ menenentukan bilangan prima dan bilangan bukan prima dengan mencari
faktornya
|
Menyimak
koreksian
Menyimak
&
mencatat,
mengerjakan
secara interaktif lisan dengn guru
|
toleransi
Tekun
Cerdas
|
ekspositori
ekspositori
tanya
jawab interaktif
|
Konfirmasi
No.
|
Kegiatan
Guru
|
Kegiatan
Siswa
|
Nilai
karakter
|
Metode
|
1.
2.
|
bertanya
jawab dengan siswa tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
Memberikan
penjelasan mengenai hal-hal yang kurang dimengerti siswa
|
Bertanya
atau menjawab
Menyimak
|
Berani
mengemukakan pendapat/ bertanya
Toleransi
|
Ekspossitori,
tanya jawab
|
c. Kegiatan
Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
No.
|
Kegiatan
Guru
|
Kegiatan
Siswa
|
Nilai
karakter
|
1.
2.
3.
4.
5.
|
Memberikan quiz team lisan
bergantian team
Bersama siswa
menyimpulkan pembelajaran.
Memberikan PR hal
80-82
Menginstruksikan
siswa u/ berdoa.
Menjawab salam.
|
Menjawab
quiz team bergantian
Bertanya
atau menjawab
Menyimak
Berdoa
bersama
Memberi
salam
|
Cerdas,
bersemangat,
Tekun,
Toleransi,
relegius
|
H.
Alat/Bahan
dan Sumber Belajar
1.
Buku Pelajaran Matematika untuk Sekolah Dasar Kelas 5
2.
Media / alat belajar
a.
Karton quiz team
b.
Spidol
I. PENILAIAN
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
1. Menemukan bilangan prima
melalui kotak urutan bilangan secara berkelompok dengan tepat
2. Menjelaskan pengertian
bilangan prima dengan benar
3. Menentukan bilangan prima
dan bilangan bukan prima dengan benar
|
tes
tes
tes
|
Tulis
Lisan
Lisan
|
Mengisi kotak urutan bilangan 1-50 dan mengisi jawaban soal, dan
Mengisi tabel pemfaktoran untuk bilangan prima.
Soal Quiz Team yang diuraikan setelah
ini
Soal Quiz Team yang diuraikan setelah
ini
|
BENTUK PENUGASAN/ INSTRUMEN EVALUASI PRODAK
Isilah kotak urutan bilangan 1-50
seperti berikut ini secara berkelompok!
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
11
|
12
|
13
|
14
|
15
|
16
|
17
|
18
|
19
|
20
|
21
|
22
|
23
|
24
|
25
|
26
|
27
|
28
|
29
|
30
|
31
|
32
|
33
|
34
|
35
|
36
|
37
|
38
|
39
|
40
|
41
|
42
|
43
|
44
|
45
|
46
|
47
|
48
|
49
|
50
|
Ikutilah perintah berikut:
i.
Coretlah bilangan 1!
ii.
Coretlah bilangan kelipatan 2 selain 2
iii.
Coretlah bilangan kelipatan 3 selain 3
iv.
Coretlah bilangan kelipatan 5 selain 5
v.
Coretlah bilangan kelipatan 7 selain 7
vi.
Bilangan berapa saja yang tersisa?
SOAL TEAM 2
Carilah
faktor dari masing-masing bilangan di bawah ini!
NO
|
Bilangan
|
Faktor
|
1)
|
2
|
1, 2
|
2)
|
3
|
.....
|
3)
|
5
|
1, 5
|
4)
|
7
|
.....
|
5)
|
11
|
.....
|
6)
|
13
|
.....
|
7)
|
17
|
.....
|
8)
|
19
|
.....
|
9)
|
23
|
.....
|
10)
|
29
|
.....
|
11)
|
31
|
1, 31
|
12)
|
37
|
.....
|
13)
|
41
|
.....
|
14)
|
43
|
.....
|
15)
|
47
|
.....
|
a.
Apa keistimewaan bilangan-bilangan tersebut?
b.
Apakah yang dapat kamu simpulkan dari
kegiatan ini?..................................................
KUNCI JAWABAN:
SOAL
TEAM 1
i.
Angka yang dicoret 1
ii.
Angka yang dicoret 4, 6, 8, 10, 12, 14, 16,
18, 20, 22, 24, 26, 28, 30, 32, 34, 36, 38, 40, 42, 44, 46, 48, 50,
iii.
Angka yang dicoret, angka kelipatan 3 selain
3 yang belum dicoret pada perintah ii, Yakni 9, 15, 21, 27, 33, 39, 45,
iv.
Angka yang dicoret ialah angka kelipatan 5
selain 5, yang belum dicoret pada perintah sebelumnya. Yakni angka 25, 35,.
v.
Angka yang dicoret ialah angka kelipatan 7
selain 7, yang belum dicoret sebelumnya, yakni angka 49,
vi.
Jadi
bilangan yang tersisa adalah 2, 3, 5, 7,
11, 13, 17, 19, 23, 29, 31, 37, 41, 43, 47
Jawaban
Soal Team 2
Faktor dari
Bilangan
|
Faktor
|
2
|
1,
2
|
3
|
1,
3
|
5
|
1,
5
|
7
|
1,
7
|
11
|
1,
11
|
13
|
1,
13
|
17
|
1,
17
|
19
|
1, 19
|
23
|
1,
23
|
29
|
1,
29
|
31
|
1,
31
|
37
|
1,
37
|
41
|
1,
41
|
43
|
1,
43
|
47
|
1,
47
|
Keistimewaannya ialah:
Dari pemfaktoran bilangan sisa
yang diambil secara acak tersebut maka dapat diketahui bahwa setiap bilangan
sisa hanya memiliki dua faktor yakni 1 dan bilangan itu sendiri.
Kesimpulannya
bialngan sisa tersebut hanya dapat dibagi oleh bilangan 1 dan bilangan itu
sendiri.
INSTRUMEN EVALUASI/SOAL QUIZ TEAM BERGANTIAN
Soalnya ditulis di p. point
Team
1
A. Berilah
tanda ( √ ) untuk bilangan prima dan tanda ( x ) untuk yang bukan bilangan
prima!
1.
Apakah bilangan prima itu?
..........................
2.
18 ( ..... ) 6. 43 ( .... ) 10. 7 (
.... )
3.
21 ( .... ) 7. 36 ( .... ) 11. 57 ( .... )
4.
27 ( .... ) 8. 26 ( .... ) 12. 25 ( .... )
5.
31 ( .... ) 9. 11 (
.... )
|
Jumlah skor
tertinggi dari Quiz Team adalah 6 x 10 = 60/6 = 10
Hadiah yg diberikan adalah stiker
bintang è 3 stiker u/ juara 1, 2 stiker u/ juara 2,
Kunci jawaban QUIZ GAME BERBARIS
A. Berilah tanda ( √ ) untuk bilangan prima dan tanda
( x ) untuk yang bukan bilangan prima
1. bilangan
prima adalah bilangan yang hanya dapat dibagi oleh 1 dan bilangan itu sendiri atau
bilangan yang hanya memiliki dua faktor yakni 1 dan bilangan itu sendiri!
2. 18 (
X ) 6. 43 ( X ) 10. 7 ( √ )
3. 21 (
X ) 7. 36 ( X ) 11. 57 ( √. )
4. 27 (
X ) 8. 26 ( X ) 12. 25 ( X )
5. 31 (
√ )
9. 11 ( √
)
Jakarta, 04 November 2012
Mengetahui,
Guru Matematika Guru
Mata Pelajaran
Irvani Mufidah
.............................................. Ervina
Lutfiyati
NIP. NIP.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar