Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) I
Sekolah :
..........................
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : IV/ I
Alokasi Waktu : 4 x 35 Menit
A. Standar
Kompetensi :
1. Memahami dan menggunakan
faktor dan kelipatan dalam pemecahan masalah
B. Kompetensi Dasar
2.2
menentukan kelipatan dan faktor bilangan
C. Indikator Pembelajaran
1. Menjelaskan
pengertian kelipatan dan faktor bilangan
2. Menentukan
kelipatan satu bilangan dan dua bilangan
3. Menentukan
faktor satu bilangan dan dua bilangan
D. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat :
1. Menjelaskan
pengertian kelipatan dan faktor bilangan dengan benar
2. Menentukan
kelipatan satu bilangan dan dua bilangan dengan benar
3. Menentukan
faktor satu bilangan dan dua bilangan dengan
benar
v
Karakter
siswa yang diharapkan : Disiplin
( Discipline ), Rasa hormat dan
perhatian ( respect ) Tekun ( diligence ) dan
Tanggung jawab ( responsibility ), bekerjasama (colaboration)
D.
Materi
Ajar
KELIPATAN DAN FAKTOR BILANGAN
§ Pengertian
kelipatan dan faktor bilangan
§ Beberapa
soal kelipatan satu bilangan dan dua bilangan & faktor satu bilangan dan
dua bilangan
§ Beberapa
aplikasi cara penyelesaian soal kelipatan satu bilangan dan dua bilangan &
faktor satu bilangan dan dua bilangan beserta
langkah kerjanya u/ tiap kelmpk
E.
Metode
Pembelajaran/Strategi
Metode
: ekspository, diskusi, problem solving, Tanya jawab, latihan
Strategi
: RME
F.
Langkah-langkah
Pembelajaran :
a.
Kegiatan awal
No
|
Kegiatan
guru
|
Kegiatan
siswa
|
Nilai
karakter
|
1.
|
Absensi + Ice Breaking/ Motivasi dengan “kata-kata motivasi”
|
Menjawab
absen & Mengikuti kegiatan Ice Breaking/ motivasi
|
Bersemangat
|
2.
|
Apersepsi
|
Menjawab
dan mengingat-ingat pelajaran sebelumnya.
|
Pandai
|
3.
|
Menulis tema meteri yang akan
diajarkan di papan tulis
|
Memperhatikan
|
Toleransi
|
4.
|
Menjelaskan topik materi,
tujuan pembelajaran
|
Menyimak
|
Saling
menghargai
|
5.
|
Membagi siswa menjadi 3
kelompok dan pengkondisian kelas
|
Duduk
berkelompok
|
Menghargai
orang lain
|
6.
|
Menjelaskan pembagian tugas
dan masalah pd masing-masing kelompok
+ pembagian media & langkah kerja |
Menyimak dan bertanya
Menerima
media
|
Kritis
dan mampu memecahkan masalah
|
b.
Kegiatan Inti
Eksplorasi
No.
|
Kegiatan
Guru
|
Kegiatan
Siswa
|
Nilai
karakter
|
Metode
|
1.
|
Sebagai
fasilitator yang membantu siswa yang kesulitan
|
Aktif
melakukan kegiatan/ menggunakan media untuk pemecahan masalah
|
Bekerjasama
Tanggung
Jawab
Tekun
|
Diskusi
|
- Mencatat
hasil dan
- bertukar
informasi
- mengumpulkan
hasil klmpk
|
tekun
Kritis
|
Pencatatan
hasil kerja
+
jigsaw
|
Elaborasi
No.
|
Kegiatan
Guru
|
Kegiatan
Siswa
|
Nilai
karakter
|
Metode
|
1.
2.
3.
|
Menerangkan
bahwa kegiatan siswa merupakan beberapa cara praktis u/ menyelesaikan soal
kelipatan dan faktor bilangan.
Menjelaskan
konsep pengertian, kelipatan, dan faktor bilangan beserta pembahasan soal
Menulis
beberapa contoh soal u/ dikerjakan bersama
|
Menyimak
penjelasan guru
Menyimak
sama
mencatat, &
Mengerjakan
secara interaktif
|
toleransi
Tekun
|
Ekspositori,
& tanya jawab
|
Konfirmasi
No.
|
Kegiatan
Guru
|
Kegiatan
Siswa
|
Nilai
karakter
|
Metode
|
1.
2.
|
bertanya
jawab dengan siswa tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
Memberikan
penjelasan mengenai hal-hal yang kurang dimengerti siswa
|
Bertanya
atau menjawab
Menyimak
|
Berani
mengemukakan pendapat/ bertanya
Toleransi
|
Ekspossitori,
tanya jawab
|
c. Kegiatan Penutup
No.
|
Kegiatan
Guru
|
Kegiatan
Siswa
|
Nilai
karakter
|
1.
2.
3.
4.
5.
|
Memberikan
quiz team
Bersama
siswa menyimpulkan pembelajaran
Memberikan
PR hal 67-68
Menginstruksikan
siswa u/ berdoa
Menjawab
salam
|
Menjawab
quiz
Bertanya
atau menjawab
Menyimak
Berdoa
bersama
Memberi
salam
|
Tekun,
bersemangat,
Toleransi,
relegius
|
G.
Alat/Bahan
dan Sumber Belajar
1.
Buku Pelajaran Matematika untuk Sekolah Dasar Kelas 4
2.
Media / alat belajar
Untuk
kelipatan bilangan untuk
faktor bilangan
1) Kartu
ular tangga, 1) 10 kartu bergambar
2) Ubin
lantai kelas & kertas angka tempel
1-20 2) 10 kelereng
3) Penggaris
3) 10 Stik Ice Cream
H. Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
o Menjelaskan
pengertian kelipatan dan faktor bilangan
o Menentukan kelipatan satu bilangan dan dua
bilangan
o
o Menentukan
faktor satu bilangan dan dua bilangan dengan
benar
|
Tes
Non
tes dan tes
|
Uraian
lisan
melalui
quiz
Kinerja,
&
lisan (melalui Quiz Team adu cepat menjawab)
|
1.
Siapa yang tahu bagaimana mencari kelipatan
bilangan? Coba jelaskan!
2.
Siapa yang tahu bagaimana mencari faktor
bilangan? Coba Jelaskan!
TUGAS Kelompok yang akan dilampirkan
dibawah & soal quiz tes
|
INSTRUMEN PENILAIAN
KELOMPOK
Kelompok 1.
Soal 1.
Mencari kelipatan 2?.......
Langkah:
a. Gunakan kartu ular tangga, lalu melangkahlah
dengan poion jalanmu dimulai dari angka 2!
b. selanjutnya
melangkahlah dengan tiap langkah sebanyak 2 kali langkah jalan hingga
kotak langkah terakhir!
c. Dan bulatkanlah bilangan yang menjadi tempat
pemberhentian langkahmu!
d. catatlah tiap bilangan yang telah dibulatkan pada
kertas jawaban.
Maka
kalian akan menemuka jawaban dari
kelipatan 2.
Jawab:
1
|
2star
|
3
|
|
5
|
|
9
|
|
7
|
|
11
|
|
13
|
|
15
|
|
19
|
|
17
|
|
Jadi, kelipatan 2 = 4, 6, 8, 10, 12,
14, 16,18,20
Apakah yang dapat kalian simpulkan dari kelipatan
itu?
Soal 2. Soal Faktor
Tahukah kalian
berapa faktor dari 10?
Untuk lebih mudah menjawabnya, maka carilah jawaban
atas masalah berikut!
“kamu memiliki 10
butir kelereng, kamu ingin
menghabiskannya. Oleh karenanya kamu ingin membagi habis kelereng tersebut pada
orang lain.”
Berapakah jumlah
orang yang memungkinkan u/ membagi habis kelerengmu?
Jawab:
1 orang = 10 klreng
u/ tiap orng
2 orang = 5 klreng
u/ tiap orng
5 orang = 2 klreng
u/ tiap orng
10 orang = 1 klreng
u/ tiap orng
jadi, kemungkinan jumlah
orang yang diperlukan u/ membagi habis 10 butir kelereng = 1,2,5,10 orang. Atau
faktor 10 adalah 1, 2, 5, 10
Kesimpulannya faktor adalah
pembagi dari suatu bilangan, yaitu bilangan-bilangan yang membagi habis
bilangan tersebut.
Kelompok 2.
Soal 1.
Berapakah kelipatan
3?.....
Lakukanlah langkah-
langkah berikut:
a.
gunakanlah kotak ubin lantai kelasmu u/
mencari jawabannya
b.
tempelkanlah no bilangan 1-12 yang telah
dibagikan pada tiap-tiap kotak ubin secara
berbelok, seperti gambar berikut:
Star
Berdiri
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
c.
1 buah ubin akan dijadikan sebagai 1
langkah mu
d.
Berdirilah sebelum kotak ubin no 1, lalu
melangkahlah 3 langkah! Catat bilangan pemberhentian!
e.
Lakukan kembali sebanyak 2 langkah, lalu
catatlah nomer kotaknya pada lembar kerjamu! Lakukanlah kegiatan tersebut
hingga kotak ubin terakhir yang telah diberi tanda!
f.
Setelah mencatat semua bilangan tempat
pemberhentian maka kalian akan menemukan jwaban 2,...., ....., ....
,....., ......
g.
Maka kalian akan menemukan jawaban dari
kelipatan 3, yakni semua bilangan yg telah
kalian catat selain bilangan 3, lalu apa yang dapat kamu simpulkan dari
pengertian kelipatan itu?
Jawabannya:
Kelipatan 2= 4, 6, 8,
10, 12, ......
Kesimpulan : kelipatan 2 dapat
diperoleh dengan menambah 2 dari bilangan sebelumnya atau mengalikannya dengan
bilangan 1, 2, 3, 4, 5, .... dst
Soal 2. Faktor satu bilangan
Tahukah kalian
berapa faktor dari 10?
Untuk lebih mudah menjawabnya, maka carilah jawaban
atas masalah berikut!
“kamu memiliki 10
buah stik Ice Cream, kamu ingin
menghabiskannya. Oleh karenanya kamu ingin membagi habis stik Ice Cream tersebut pada orang lain.”
Berapakah jumlah
orang yang memungkinkan u/ membagi habis stik ice cream mu?
Jawab:
1 orang = 10 stik
Ice Cream u/ tiap orng
2 orang = 5 stik Ice
Cream u/ tiap orng
5 orang = 2 stik Ice
Cream u/ tiap orng
10 orang = 1 stik
Ice Cream u/ tiap orng
jadi, kemungkinan
jumlah orang yang diperlukan u/ membagi habis 10 batang stik Ice Cream =
1,2,5,10 orang. Atau faktor 10 adalah 1, 2, 5, 10
Kesimpulannya faktor adalah
pembagi dari suatu bilangan, yaitu bilangan-bilangan yang membagi habis
bilangan tersebut.
kel 3, jenis soal sama namun dengan alat kegiatan yang berbeda serta
media yang berbeda. Kel 3 dengan bantuan angka pada penggaris dan kartu
bergambar.
Soal
Quiz team adu cepat hitung & Jawab:
1.
siapa yang tahu bagaimana mencari
kelipatan bilangan? Coba jelaskan!
2.
Siapa yang tahu bagaimana mencari faktor
bilangan? Coba Jelaskan!
3.
Berapasajakah kelipatan dari 5?
4. Berapasajakah
faktor 20?
5. Berapakah faktor
persekutuan dari 12 & 6?
6. Berapakah
kelipatan persekutuan dari 8 & 6?
7. Berapakah
kelipatan persekutuan dari 2, 4, & 6?
8. Berapakah faktor
persekutuan dari 8 & 4?
Kunci
jawaban:
1.
kelipatan bilangan dapat dicari dengan
menambah bilangan tersebut dengan bilangan itu sendiri, dan seterusnya dengan
menambah bilangan sebelumnya dengan bilangan awal yang ingin dicari
kelipatannya. Atau dengan cara mengalikan bilangan yang ingin dicari
kelipatannya dengan bilangan 1, 2, 3, 4 ...dst
2. faktor dapat
dicari dengan mencari bilangan-bilangan
yang dapat membagi habis bilangan yang ingin dicari faktornya.
3. 1, 5, 10, 15, 20,
.....
4. 1, 2, 4, 5, 10,
20.
5. 24, 36, ....
6. 12, 18, ....
7. 12, 16, ....
8. 1, 2, 4.
RUBRIK
PENILAIAN
u/ soal
Kuiz Adu Cepat hitung & jawab
skor tertinggi juara 1: apabila menjawab lebih
dari 3 soal
skor juara 2 :
apabila menjawab soal lebih sedikit dari kelmpk skor tertinggi
skor
juara 3 : apabila menjawab paling
sedikit soal
Untuk Soal Tugas Kelompok
Nama siswa :..................... Tanggal
:.................... Kelas
:.........................
Kompetensi dasar : menentukan kelipatan
dan 1 bilangan
Rubrik
u/ soal tugas kelompok
No
|
Aspek yang dinilai
|
Tingkat kemampuan
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1.
2
3
|
Mempraktekkan kegiatan untuk
memecahkan permasalahan/ soal.
Penjelasan kegiatan pemecahan soal
Pada kelompok lain.
Jawaban masalah/ soal + kesimpulan
|
|
|
|
|
|
JUMLAH
|
|
|
|
|
Kriteria
penskoran kriteria
penilaian
1. Baik
sekali 4 10-12 A
2. Baik 3 7-9 B
3. Cukup 2 4-6 C
4. Kurang 1 ≤ 3 D
Jakarta, 04 November 2012
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
Irvani Mufidah
NIP.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar