"Sebaik-baik manusia ialah, yang paling banyak memberikan manfaat bagi yang lainnya"
Sabtu, 10 November 2012
Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) III
Sekolah :
..........................
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : V/ I
Alokasi Waktu : 4 x 35 Menit
A.
Standar Kompetensi :
1. melakukan operasi hitung
bilangan bulat dalam pemecahan masalah
B.
Kompetensi
Dasar
1.5 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK) dan Faktor Persekutuan Terbesar (FPB)
C.
Indikator
Pembelajaran
1. Menemukan
jawaban atas permasalahan KPK dan FPB 2 bilangan dengan angka kecil
2. Menjelaskan
pengertian KPK dan FPB
3. Menentukan
KPK dan FPB 2 bilangan dengan angka/
bilangan sederhana
D.
Tujuan
Pembelajaran
Peserta didik dapat :
1. Menemukan
jawaban atas permasalahan KPK dan FPB dengan angka kecil
2. Menjelaskan
pengertian KPK dan FPB
3. Menentukan
KPK dan FPB 2 bilangan dengan angka/
bilangan sederhana
A.
Karakter
siswa yang diharapkan : Disiplin
( Discipline ), Rasa hormat dan
perhatian ( respect ) Tekun ( diligence ) dan
Tanggung jawab ( responsibility ), bekerjasama (colaboration)
E.
Materi
Ajar
BILANGAN PRIMA DAN CIRI-CIRINYA
b. Pengertian
KPK dan FPB
c.
Beberapa Masalah KPK dan FPB sederhana dalam kehidupan sehari-hari
d. Cara
penyelesaian soal KPK dan FPB dengan kelipatan persekutuan dan faktor
F.
Metode
Pembelajaran/Strategi
Metode : Diskusi, Demonstrasi, Ekspositori, Tanya jawab, latihan
Strategi : RME
A.
Langkah-langkah
Pembelajaran :
e. Kegiatan awal
No
|
Kegiatan guru
|
Kegiatan siswa
|
Nilai karakter
|
Metode/ teknik
|
1.
|
-
Absensi & Apresepsi/ Motivasi dengan “kata-kata motivasi”
|
- Menjawab
dan mengingat-ingat pelajaran sebelumnya
- Mengucapkan
kata-kata motivasi secara serentak bersamaan diiringi gerakan
|
Pandai
Bersemangat
|
- Tanya
jawa
- Ekspositori
dan peniruan
|
2.
|
-
Penulisan judul materi, Penjelasan topik materi serta tujuan pembelajaran
|
- Menyimak
|
Saling menghargai
|
- Ekspositori
|
3.
|
- Pembagian kelompok menjadi 4
dan pengkondisian kelas
|
- Duduk
berkelompok
|
Menghargai orang lain
|
- Ekspositori
|
4.
|
- Memberikan
permasalahan dalam kehidupan sehari hari yang berhubungan dengan FPB dan KPK.
(tiap
kelmpk berbeda soal/bentuk permasalahan)
|
- Menyimak dan bertanya
|
Kritis dan mampu memecahkan
masalah
|
- Ekspositor
- Tanya
jawab
|
5.
|
-
Membagikan Media/ kelompok u/ memecahkan masalah dan menerangkan
prosedur penugasan
|
- Menerima
media
|
Tertib
|
|
§ Kegiatan Inti
Eksplorasi
No.
|
Kegiatan Guru
|
Kegiatan Siswa
|
Nilai karakter
|
Metode
|
1.
|
Sebagai fasilitator yang
membantu siswa yang kesulitan
|
-
Diskusi Menggali fungsi media yang
dibagikan, untuk memecahkan
permasalahan FPB dan KPK yang diberikan guru
|
Bekerjasama
Tanggung
Jawab
Tekun
|
Diskusi
|
|
|
-
Mencari jawaban permasalahan FPB dan KPK
yang diberikan dan menuliskannya.
|
Kritis
|
Pencatatan hasil kerja
|
Elaborasi
No.
|
Kegiatan Guru
|
Kegiatan Siswa
|
Nilai karakter
|
Metode
|
1.
|
- Sebagai
fasilitator yang membantu siswa yang kesulitan
|
-
Mendemonstrasikan penyelesaian masalah FPB
dan KPK dengan menggunakan media
-
Mengumpulkan hasil jawaban
|
Bekerjasama
Tanggung
Jawab
Tekun
Berani mengemukakan pendapat
|
Demonstrasi
|
2.
|
-
Tanya jawab u/ Mengoreksi singkat cara kerja media yang benar u/
menyelesaikan masalah FPB dan KPK
|
-
Bersama-sama mengoreksi dan memahami
|
Kritis
Aktif
|
Tanya jawab
|
3.
|
- Menjelaskan
pengertian, cara mencari FPB dan KPK
dg lebih mudah (dari beberapa soal
sebelumnya) menggunakan faktor dan kelipatan persekutuan (mengulang yg
diajarkan pada pertemuan sebelumnya)
|
-
Menyimak, mencatat, dan bertanya jika belum
faham
|
Kritis, tekun
|
Ekspositori
Tanya jawab
|
4
|
- Memberi contoh
soal uji u/ dikerjakan & menginstruksikan siswa u/ menukar hasil jawaban
u/ dikoreksi bersama.
- Menginstruksikan
siswa menyebutkan salah dan benar temannya.
- Menulis nilai
siswa
|
- Siswa diuji
keterampilan dan kemampuan dengan mengerjakan
soal-soal latihan menggunakan konsep faktor & kelipatan pesekutuan.
- Lalu menukar
dengan teman sebangku u/ dikoreksi bersama
- Menyebutkan
jumlah betul dan salah hasil jawaban teman.
|
Aktif, kritis, tekun
|
Espositori dan penugasan
|
Konfirmasi
No.
|
Kegiatan Guru
|
Kegiatan Siswa
|
Nilai karakter
|
1.
|
- Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
-
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan
kesalahan pemahaman, memberikan penguatan
dan penyimpulan
|
-
Bertanya atau menjawab
-
Bersama-sama menyatukan pemahaman
|
Bekerjasama
Tanggung
Jawab
Tekun
Berani mengemukakan pendapat
|
§ Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
No.
|
Kegiatan
Guru
|
Kegiatan
Siswa
|
Nilai
karakter
|
1.
2.
3.
4.
|
Bersama siswa
menyimpulkan pembelajaran.
Memberikan PR hal
80-82
Menginstruksikan
siswa u/ berdoa.
Menjawab salam.
|
Bersama
guru menyimpulkan pembelajaran
Menyimak
& mencatat
Berdoa
bersama
Memberi
salam
|
Cerdas,
bersemangat,
Tekun,
Relegius
|
G. Alat/Bahan dan Sumber Belajar
a.
Buku Pelajaran Matematika untuk Sekolah Dasar Kelas
5 .
b.
Media : stoples, permen, koin, dll => u/
konsep FPB
Karton Puzzle Ular tangga yang
memiliki 2 s/d 3 pion berjalan => u/ konsep KPK
1 Start
|
20
|
21
|
10
|
11
|
30
|
21
|
20
|
1 Start
|
2
|
19
|
22
|
9
|
12
|
29
|
22
|
19
|
2
|
3
|
18
|
23
|
8
|
13
|
28
|
23
|
18
|
3
|
4
|
17
|
24
|
7
|
14
|
27
|
24
|
17
|
4
|
5
|
16
|
25
|
6
|
15
|
26
|
25
|
16
|
5
|
6
|
15
|
26
|
5
|
16
|
25
|
26
|
15
|
6
|
7
|
14
|
27
|
4
|
17
|
24
|
27
|
14
|
7
|
8
|
13
|
28
|
3
|
18
|
23
|
28
|
13
|
8
|
9
|
12
|
29
|
2
|
19
|
22
|
29
|
12
|
9
|
10
|
11
|
30
|
1 Start
|
20
|
21
|
30
|
11
|
10
|
Start sebagai garis awal pion 1
nomor kotak yg sama, dan juga menjadi
Start sebagai garis awal pion 2 tempat pemberhentian
ketiga pion tersbutlah yang
Start sebagai garis awal pion 3 menjadi angka kpk
-
White board, papan tulis, spidol, kapur dan
penghapus papan tulis
H. Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
o Mengunakan
faktor prima dan faktorisasi prima untuk memecahkan masalah sehari-hari yang
berkaitan dengan FPB dan KPK
|
Tugas IndVidu
dan Kelompok
|
Isian
|
TUGAS Kelompok:
a.
dalam
membagi 20 koin seratus dan 25 koin
lima ratus sama rata membutuhkan berapa wadah? Berapakah jumlah masing-masing
koin pada setiap wadahnya? (konsep FPB)
b.
ibu siska akan
membagikan 12 permen coklat dan 16 permen rasa jeruk, dan 24 permen rasa
mangga. Ia menginginkan setiap stoples memuat ketiga jenis permen tersebut
dalam jumlah yang sama. Berapa banyak stoples yang harus disediakan? Berapa
banyak jumlah masing-masing permen dalam setiap stoplesnya (konsep FPB)
c.
Frida
berenang Setiap 10 hari sekali. Tomi
berenang setiap 15 hari sekali. Lisa berenang setiap 5 hari sekali. Tanggal 5
Maret 2008 mereka berenang bersama u/ pertama kalinya. Berapa hari kemudian
mereka akan berenang bersama? Tanggal berapa mereka akan berenang bersama
kedua kalinya?
Soal Uji Kelompok:
Soal
uji tulis:
o Carilah
kelipatan, kelipatan persekutuan dan KPK dari 5 dan 15!
o Carilah Faktor,
faktor persekutuan, dan FPB dari 15, 25!
o Carilah KPK dari
3, 6, dan 9!
o Carilah FPB dari
20 dan 25!
o Carilah KPK dari
12, 6, 24!
Jawabannya:
o
Kelipatan 5, & 15 a/
5, 10, 15, 20,
25, 30, 35, 40,45,50
15, 30, 45,
60
Kelipatan persekutuannya a/ 30, 45,...
KPK 5, 15 adalah 30
o
Faktor 15 & 25 a/
15= 1, 3, 5, 15,
25= 1, 5, 25
Faktor persekutuan a/ 1, 5
FPB 15 & 25 adalah 5
o
KPK 3, 6 & 9?.....
3, 6, 9, 12, 15, 18, 21, 24
6, 12, 18, 24, 30
9, 18, 27, 36
JADI KPK 3, 6 & 9 adalah 18
o
FPB dari 20 & 25 ?......
20= 1, 2, 4, 5, 10, 20,
25= 1, 5, 25
FPB 20 & 25 adalah 5
o
KPK 12, 6, 24?......
12, 24, 36, 48
6, 12, 18, 24, 30, 36, 42, 48
24, 48,
KPK 12, 6, & 24 adalah 24
|
|
|
|
|
Nama siswa :..................... Tanggal
:.................... Kelas
:.........................
Kompetensi dasar : menentukan kelipatan
dan faktor bilangan
Rubrik
penilaian produk
No
|
Aspek yang
dinilai
|
Tingkat
kemampuan
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1.
2.
3.
|
Hasil jawaban
Hasil kotak
urutan bilangan yang digambar
Jawaban akhir
dan kesimpulan yang ditulis
|
|
|
|
|
JUMLAH
|
|
|
|
|
Kriteria penskoran kriteria penilaian
1.
Baik sekali 4 10-12 A
2.
Baik 3 7-9 B
3.
Cukup 2 4-6 C
4. Kurang 1 ≤ 3 D
Langganan:
Postingan (Atom)